“didunia ini, tidak ada yang abadi kecuali perubahan”
-unknown author-
dari qoutes tadi aja udah bisa ketebak bahwa dipostingan ini gue akan ngebahas tentang perubahan. ya, perubahan pada diri gue dan juga khususnya untuk blog ini.
bukan, gue bukan berubah jadi spiderman, karena meskipun gue pake kacamata tapi rambut gue gak klimis, lagi pula gue gak suka pake baju setelan ketat yang bikin titit nyeplak gitu. atau gue berubah jadi wolverine? itu juga gak mungkin. karena gue gak bewokan dan kuku tangan gue juga gak panjang dan tajem. lagian apa enaknya sih jadi wolverine? kalo lagi marah tiba-tiba selangkangan gatel terus reflek mau ngegaruk, yang ilang bukan cuma rasa gatelnya, tapi sama selangkangan dan semua onderdilnya. sebagai orang yang hobinya galer dikala senggang, itu sangat gak gue banget.
jadi, sebenernya dari dalam pikiran gue yang suka gak ada pikirannya ini sering muncul ide-ide menawan nan charming, cuma itulah, karena banyak hambatan dari luar dan dalam, kebanyakan ide-ide menawan nan charming itu cuma berakhir sebagai ide menawan nan charming doang. gak lebih.
kayak contohnya, gue pernah kepikiran buat nulis satu buku (yang isinya tulisan gue semua, bukan antologi) tentang kisah-kisah absurd gue selama jadi mahasiswa-galau.
udah mulai nulis dari jaman kuliah, baru sampai di halaman 34, ada aja kendala yang dateng. dari mulai rusaknya notebook berujung jadi rusaknya mood nulis kemudian jadi rusaknya moral anak muda jaman sekarang. iya, yang terakhir agak gak nyambung emang, tapi tolong disambungin aja biar keren.
akhirnya gue jadi males. ide menawan nan charming tentang nulis buku tentang kisah-kisah gue sebagai anak kuliahan tadi pun terbengkalai di halaman yang gak pernah lebih dari 34, sampai sekarang. rasa males emang musuh terbesar dalam hidup gue.
padahal kalo gue mau usaha dikit alias gak males, kan bisa aja gue nyicil tulisan diwarnet atau minjem mesin tik tetangga. bisa aja kan? cuma gitu, rasa males ngebuat semua niat baik menjadi kegiatan yang selalu penuh alasan-alasan buruk.
“ah males banget kalo ngetik di warnet, berisik, jadi gak konsen, udah gitu tulisan huruf-huruf dikeyboardnya suka ilang-ilangan, ini pasti yang abis make gak pernah dibalikin lagi ketempatnya lagi. males ah.”
“ah males banget ngetik pake mesin tik, suaranya itu loh, berisik, jadi gak konsen. udah gitu mencet hurufnya mesti kenceng, ini mah ngetik satu halaman jari telunjuk gue panjangnya bisa sejajar sama jempol. males ah.”
tuh kaya gitu.
pokoknya banyak ide cemerlang nan charming gue yang pupus, cuma karena rasa males itu.
huh.
ngomong-ngomong masalah perubahan. di cerita kemarin gue sempet menyampaikan bahwa blog ini udah berubah url, menghilangkan embel-embel ‘blogspot’nya. dengan tujuan supaya dengan itu gue bisa makin rajin ngeblog. tapi kenyataan selalu berkata lain, gue sebagai manusia bisa apa? rasa males lagi-lagi ngasih alesan-alesan terbaik buat gak ngerjain apa-apa.
oleh karena itu, gue mencoba untuk belajar berubah, lebih tepatnya merubah sifat males yang didalem diri gue yang kayaknya udah berkembang biak mengikuti program pemerintah, satu anak dua istri. Keluarga berbencana.
dan niat gue merubah rasa males itu gue mulai dari postingan ini. fyi aja, postingan ini gue tulis pake tab, ya, ukuran tab yang cukup sedang ini bikin nulis jadi dilema, mau ngetiknya di mode zoom, tapi ukuran margin kanan-kirinya gak keliatan atau mau ngetik nya di mode normal, tapi huruf-hurufnya bikin mata gue juling ke atas. kecil banget. sama tahi lalat dileher gue aja masih kalah gede. belum lagi kalo ada tulisan yg typo atau mau dianulir, nempatin kursor ke kalimatnya aja butuh kesabaran selapang dada jupe, salah nempatin mulu. errggghh.
*kesel*
*ngunyah batako*
SABAR WOYY! KATANYA MAU BERUBAH!!!
oiya, hehe.
*ngelus dada*
*sambil ngunyah batako*
btw, jika kalian liat sekarang, tampilan blog gue ada perubahan, dari yang paling dasar adalah template. gue mau kesan tampilan blog gue gak lagi berantakan kayak yg lalu. ( menurut gue itu berantakan dan yang ini lebih agak rapih). cuma untuk header emang belum didesign. ( yap. notebook gue masih belum selesai di servis, jadi belum nyaman ngedit-ngedit gambar.)
selain itu, di blog gue ada banyak sub tab yang gue mau isi dengan konten-konten baru. kayak tab ‘pedagang dongengan’ itu nantinya bakal gue isi sama cerita-cerita fiksi yang gue tulis, jadi biar ada variasi bacaan aja di blog ini, biar sekali-kali orang yang mampir disini gak ngebaca tulisan yang lagi-lagi komedi garing yang gitu-gitu aja, sekali-kali baca bacaan yang semi-serius. 
ada juga tab ‘wawancanda’. jadi setiap bulannya bakal ada wawancara sambil bercanda dengan satu tokoh, siapapun itu. bisa jadi tokoh blogger, tokoh twitter, tokoh inspiratif ataupun tokoh bangunan. mmm.. ya pokoknya gitulah.
sebenernya konsep kayak gini udah banyak dipake sama blogger-blogger lain sih ( contoh : roy saputra dgn ‘wawancaur’, kevin anggara dgn ‘interabsurd’, ade nuri dgn ‘teman adeqyuw’ dll) cuma gue pengen agak sedikit bikin yang beda aja dari mereka, itu yang saat ini lagi coba gue pikirin.
terus tab ‘bukan puisi’ yang di tampilan template kemarin gak bisa diklik sekarang udah bisa, ya nantinya tab itu bakal berisi puisi-puisi gue yang gak pantes disebut puisi sih sebenernya, hehe. bapak chairil anwar mungkin kalo tau dan ngebaca puisi kacau kayak gitu bakal marah dan langsung masung kaki gue ditengah hutan yang isinya cewek-cewek cantik gak pake baju dan celana tapi kumisnya panjang sampe nutupin udel. anjis horror.
ada juga tab ‘art work’, yang kontennya sih biasalah tentang hasil karya seni yang tercipta dari kolaborasi tangan dan otak kanan gue hehe. dan maunya sih kalo ada dari pembaca blog ini yang mau nyumbang art work, gue pribadi dengan segenap jajaran pemrov DKI akan sangat berterimakasih.
dan masih banyak hal-hal yang akan gue lakukan perubahan dengan blog ini. mungkin akan seiring dengan berjalannya waktu perlahan-lahan bakal ada yang baru-baru lagi diblog ini nantinya.
dan konsistensi gue juga harus diperjuangkan keberadaannya untuk menunjang berjalannya ide-ide ini.
kita doakan saja. amin.
oia btw lagi nih, dengan terbitnya buku antologi pertama gue ‘GALAU Unrequited Love’ yang ditulis bareng-bareng anak Jamban Blogger, dan ngelihat atensi yang cukup baik dari pembaca. ( terkhusus dari yang baca bab yang gue tulis. hehe)
gue mau ngadain ‘Give Away’ kecil-kecilan berhadiah 1 buah buku ‘Galau Unrequited Love’ tersebut, buat 1 orang pemenang.
Cuma 1 doang? | iya maaf, dananya terbatas. adminnya belum dapet THR.
dan cara buat ikut give away ini sih simple aja.
1. baca postingan blog ini. ( yaiyalah, kalo gak baca mana tau ada give away ini)
2. berhubung tema blog gue adalah ‘Lessons Given Daily’ alias ‘Pelajaran diberikan setiap hari, maka buat yang mau ngikut give away ini, bikin satu postingan, terserah mau panjang atau pendek dengan tema sesuai blog ini. yaitu : ‘Lessons Given Daily’.
bentar, maksudnya gimana sih ‘Lessons Given Daily’ itu?
jadi gini, gue pribadi selalu menganggap semua hal yang terjadi pada setiap harinya adalah pelajaran yang pasti ada hikmah baik didalamnya.
kalo kalian baca blog gue ini rata-rata isinya tentang kisah ‘sial’ gue menjalani sesuatu, cuma dari kesialan itu selalu gue sisipin sedikit pelajaran, dengan harapan semoga suatu saat nanti gue atau yang baca tulisan-tulisan gue bisa gak ngalamin seperti yang gue alamin. gitu.
3. nulis postingan boleh dimana aja ( blog, tumblr, wp, notes fb, testimoni friendster dll, asal jangan di mading sekolah lo. )
4. share link tulisan di coment box pada postingan ini atau boleh mention ke twitter gue @shamposachet tanpa syarat harus follow dulu, gue lebih suka difollow karena emang ada yang suka dengan twit-twit gue, bukan karena hal lain :))
5. genre tulisan boleh apa aja. bebas. asal gak mengandung SARA, apalagi mengandung anak. #lah.
6. pemenangnya bakal gue umumin diblog ini atau ditwitter gue. 
sekali lagi, mohon maaf kalo hadiahnya cuma satu, nanti kalo ada rejeki lain bakal diadain lagi. doakan saja.
( ^^,)b
baiklah, the last but not least…
kesimpulannya adalah gue bakal nyoba belajar untuk ngelawan rasa males yang bikin ide-ide menawan nan charming bakal mati suri gitu aja mulai dari sekarang. seperti kata iklan ‘Talk less do more’ yang artinya dilarang membuang mantan sembarangan. #yaPokoknyaGitu #IyainAja.
jangan banyak bicara, tapi banyakin tindakan. seperti gue pernah dapet satu kata ajaib yang gue baca dari seorang temen di facebook yang dia tulis di statusnya, yaitu.
“NOT ONLY SAY SOMETHING, BUT DO SOMETHING”
keren ya. :))
pokoknya, 
SEMANGAT UNTUK PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK!!
m/
-regards-
@shamposachet

11 comments on “PERUBAHAN”

  1. ciyee.. yang udah nyicil novel tapi enggak diterusin lagi~
    gak usah alasan macem2 lagi deh.. nih gue pinjemin mesin tik. deadline seminggu ya…

    selamat menikmati gerakan perubahan… kayaknya elo calegnya NasDem ya?

  2. Akkkkk Babang Exa… ini gue Exaddict… ahahaha

    ayo bang, semangatttt… gue bakalan jadi yang terajin ngunjungin blog ini… pan gue exaddict 😀 yaudah, karena gue exaddict, jd gue dapet nopel GALAU nya yak atu,, muahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *