Akhir-akhir ini gue sering gampang banget ngerasa bosan. Baca buku, bosan. Main gimbot aer, bosan. Baca buku sambil main gimbot didalem aer, bosan. Pokoknya semenjak menyandang status sebagai pengangguran gue jadi gampang banget ngerasa bosan gitu.

Biasanya kalo lagi bosan gini, gue nyari-nyari kegiatan baru yang belum pernah gue lakuin. misalnya nyoba nyetemin keyboard. Gue udah berusaha keras, tapi gak bisa-bisa. Ternyata yang gue setemin, keyboardnya keyboard handphone, udah gitu qwerty lagi, pantesan susah. pernah juga gue nyoba makan kerupuk sekaleng gak pake minum, tapi baru kerupuk yang ke empat gue udah kesedak, kesedak kaleng kerupuk. Tapi untung aja, pas kesedak, gue buru-buru minum air segelas, alhamdulillah kalengnya berhasil ketelan.

Terus gue pikir semua kegiatan itu hampir gak ada gunanya (sudah pasti, jelas). makanya buru-buru gue tinggalin, mumpung belum sayang-sayang banget. soalnya kalo udah sayang, ninggalinnya nanti agak sakit. Siapa coba yang gak sakit ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya?

Dan oleh karena itu, gue mencoba mencari kegiatan yang sesuai sama hobi dan bakat gue. Hitung-hitung sekalian bertujuan untuk mengembangkan bakat. Yang jadi masalahnya, hobi dan bakat gue cuma dua, yaitu begadang sama tidur siang.

Terus dimananya yang mesti gue kembangkan dari hobi itu?

masa iya gue harus mengembangkan bakat begadang gue dengan cara begadang yang biasanya sampai jam 3 pagi, kemudian gue kembangkan menjadi begadang sampai jam 3 pagi lewat 2 menit. Atau enggak bakat tidur siang, yang biasanya gue tidur siang dari abis dzuhur sampai jam 5 sore ini gue tambahin jamnya jadi dari abis dzuhur sampai selesai taraweh. Itu kan pasti gak bermutu.

Akhirnya gue coba iseng-iseng buka internet, karena gue suka banget dengan hal-hal yang berbau seni (kecuali air seni). gue pun searching-searching seni apa yang lagi marak dan keren yang bisa gue coba-coba buat di rumah. Dan ketika lagi googling gue menemukan sebuah seni yang cukup menarik perhatian gue. Namanya seni ‘Pop-Art’.

Untuk penjelasannya apa seni Pop Art itu, gue coba kutip dari sebuah blog yang gue temukan,

“Pop Art berasal dari kata Popular Art. Arti dari Pop Art adalah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol dan gaya visual yang berasal dari media massa yang populer seperti koran, tv, iklan dll. Pop Art merupakan sebuah gerakan seni yang muncul di Inggris pada tahun 1950-an di awal-awal jaman post modern art, Jaman dimana semua orang mulai bosan dengan gaya Modern. Pop Art merupakan seni yang mendobrak batas-batas artian seni yang agung.

Pada saat itu seni hanyalah sebuah hal yang bisa dinikmati kalangan kelas atas, dengan adanya gerakan Pop Art, seni dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari golongan bawah hingga golongan atas. Seniman Pop Art yang paling terkenal adalah Andy Warhol, dengan karyanya yang menggambarkan wajah Marylin Monroe yang disajikan dengan warna-warna komplemen yang tegas. Andy Warhol adalah seniman Amerika, dialah yang dipercaya mulai mempopulerkan Pop Art di Amerika.

Ciri khas Pop Art adalah penggabungan foto serta permainan warna yang berani, kadang disertai penggunaan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan si pembuatnya. Desain Pop Art seringkali menggunakan teks berukuran besar dengan stroke yang tebal.

Pernahkah Anda melihat hiasan dinding Marilyn Monroe atau Elvis Presley tapi dengan warna-warna komplemen yang tegas? Nah, jika pernah melihatnya seperti itulah lukisan Pop Art yang banyak bermain dengan warna.”

(source: http://www.pop-art.co.id/)

Dan contoh-contohnya seperti ini:

8394-blue-star-1280x800-digital-art-wallpaper

Keren kan? Untuk contoh gambar-gambar yang lain kalian bisa coba search di google dengan keywords “Pop Art”.


Gue tertarik banget buat bisa ngebuat gambar kayak gitu. Dan oleh karena itupun gue langsung cari-cari tutorial cara membuat seni Pop Art tersebut di youtube dan langsung mencoba membuat karya Pop-Art gue sendiri.

dan berikut hasil gue belajar membuat seni Pop Art.

shmpscht

HEADER POP ART

popartavril

ava kay Gimana? Gak keren kan? Yaiyalah. Gue mah mana ada keren-kerennya.


Tapi yang jelas, semua ini gue lakukan dalam rangka mengisi jam-jam kosong gue sebagai pengangguran di rumah. dan alhamdulillahnya berhasil bikin gue melupakan semua kebosanan gue. buat gue, belajar membuat pop art ini bukan cuma menghilangkan kebosanan, tapi juga sekaligus mengasah kemampuan gue. ya, mendinglah daripada Cuma mengisi hari-hari dengan begadang dan tidur doang kan?

Dan untuk yang menyempatkan diri membaca postingan ini dan berniat juga mencoba membuatnya, hayuk jangan ragu dan jangan takut dibilang hasilnya nanti jelek, karena yang perlu sedikit diketahui, “dalam seni tidak ada yang bagus atau yang jelek, yang ada hanya beda sudut pandang.” Hasik.

Sedikit pesan dari gue juga, jika merasakan kebosanan yang sama kayak yang gue rasain, lebih baik diisi dengan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan berguna dan pastinya harus tetap kegiatan yang positif. Jangan malah pas bosen, terus kepikiran buat nyari kegiatan baru, eh kegiatan barunya malah nge-begal motor. Udah gitu ngebegal motornya, motor yang di timezone lagi.

Apaan!


Noted:

Untuk karya-karya gue yang lain bisa di klik disini, atau bisa liat di instagram gue disini.

Regards~

🙂

24 comments on “POP ART”

  1. tadinya kalo lo berhasil nyetel keyboard qwerty gue mau minta tolong disetemin juga keyboard gue. tapi lo gagal ya gak jadi deh.

    Btw.. cara mengisi waktu kosong lo bermartabat juga. kalo gue mah, ngisi waktu kosong buat begituan gue malah stres. Nyari penyakit jadinya.

    karena hasilnya keren2.. moga banyak yang minat buat order, kan lumayan ngisi waktu kosong jadi dapet duit.

    • haha.. tenang kegagalan adalah keberhasilan yang gagal. halah.

      yakan karna suka bang, kalo gue ngisi waktu luang dengan yang gadisuka, kayak misalnya bantu merancang RAPBN juga gue pasti stress.

      udah sepi order ni 🙁

  2. Gue kok tiep main kesini templatenya suka berubah-rubah ya?
    Huiiihhhh. Keren gila mas kay pop art nya. Orang kreatif mah gitu ye, nemu sesuatu yang bagus langsung beringas pengen bikin. Indahnya dirimu. :’)

    • manual di adobe illustrator Di, pake mouse gambar pelan-pelan dengan penuh kesabaran. 🙁

      biasanya kalo gue, ada foto trus gue jadiin kaya gini. kalo yg udah jago kayaknya gapake foto lagi langsung gambar gitu aja de~

  3. Hahaha. Sama bang gue juga suka bosen karna tidur siang itu hobby gue semenjak gue kuliah malem. Kalo gak tidur siang rasanya tuh kaya punya utang. Tapi gue ngisi kebosenan gak sekeren lo bang. Gue kalo bosen lari nya nonton film palingan. *lhaa curhat

  4. Kalimat yang “Mendinglah daripada cuma mengisi hari-hari dengan begadang dan tidur doang kan?” ini berasa disindir. 🙁

    Pffftttt.
    Pengangguran emang gampang bosen.

    Ini kira-kira bikinnya berapa lama, Bang?
    Asli, gue pengin belajar dan bisa. Tapi sekali nyoba hasilnya jelek banget. Sakit hati buat nyoba lagi. Emang nggak ada bakat gambar kali, ya? :/

    Ending-nya bangke, motor timezone. XD

    • ini nyindir gue sendiri Ga hehe

      bikinnya tergantung sih, kalo mood ya paling lama seharian (misal header gue itu lagi mood, 5 jam jadi)

      kalo lagi gak mood, bisa 3 hari paling lama seminggu hhe.

      bakat itu hal yang bisa dipelajarin mas yoga, gue juga dulu gabisa gambar waktu baru lahir. dan sampe sekarang masih belajar terus nih kebetulan.

      ingat “dalam karya seni tidak ada yang bagus atau jelek, yang ada cuma beda sudut pandang”
      misal; banyak yang bilang musik kangen band itu norak, kampungan, jelek. tapi enggak buat fans mereka. gitu.

      salam super~
      supermi~

      • Hehehe, iya juga, Bang. 🙂

        Wah, lama juga, ya. Prosesnya itu, loh. Kayak nulis juga berarti. Nggak bisa sekali tulis langsung jadi. 🙂

        Bener juga. *manggut-manggut* Belajar pelan-pelan kalo kayak gitu, deh.
        Dulu gue juga nggak bisa nulis, sekarang juga nggak bisa, sih. Hehehehe.

        Itu kutipan pemusik siapa gitu. Keren emang!
        Oke, thankyou pencerahannya. 😀

        Djarum Super!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *