September.

Bagi sebagian orang bulan September mungkin bulan yang biasa aja, sekedar lanjutan dari bulan sebelumnya (Agustus) atau 30 hari menuju Oktober. Iya, kayak gitu aja, Nothing’s special. gak ada makna apa-apa.

“september biasa aja”

Menurut gua, September kali ini agak sedikit aneh memang, karena setahu gua-yang ilmu mengenai perubahan iklimnya setara kepala jarum pentul ini- bulan yang ada kata ‘-ber’ di belakangnya seharusnya sudah memasuki musim penghujan. tapi tahun ini? dalam kurun waktu beberapa bulan ini aja intensitas turunnya hujan mungkin bisa dijumlah dengan hitungan jari aja. Ya… atau memang gak cukup dengan hitungan jari sendiri, kita bisa sebentar meminjam jari saudara, kerabat atau tetangga. Pokoknya hanya beberapa kali aja. Kadang walaupun hujan, itu juga paling Cuma beberapa jam atau malah ada yang hanya beberapa menit. Entah, sudah berapa ratus kali gua harus memancing air pompa sanyo di rumah Cuma sekedar untuk mengisi kolom kamar mandi. Rumah gua sedang dalam masa yang bisa disebut the quantity of water deficit alias kekeringan.

Tapi sejujurnya, gua menyukai bulan September. September buat gua seperti segelas es teh dengan sedikit gula, tidak terlalu manis tapi tetap segar kalo menjalar ditenggorokan, apalagi kalo diminum setelah selesai jogging Jakarta-Buckingham.

Apaansi kay!

Yang pada intinya sih. buat gua, bulan September adalah waktunya ‘Istirahat’. Gua tidak akan memirkan hal-hal rumit dalam hidup di bulan ini, gua akan bersenang-senang sepanjang bulan ini, gua akan mencari titik bahagia di setiap kesulitan-kesulitan yang gua terima di bulan ini.

Pokoknya, September adalah bulan yang tepat untuk gua rehat sejenak dari problematika hidup yang makin lama makin seperti tekhnik menganyam ketupat alias sophisticated, complicated, belibed, ribed.

Hhhh~

Dan pada kesempatan kali ini, gua terpikir untuk menulis tentang arti bulan September khususnya buat gua . kenapa gua menyukai dan memilih bulan ini untuk bersenang-senang? Dan mengapa harus bulan September?

Sebenarnya alasannya banyak dan cukup sederhana.

Karena, Hampir semua hal important yang pernah gua alami terjadi selalu pada bulan September. Mungkin rencana-rencana baik Tuhan diberikan padaNya untuk gua di bulan ini. wih!

Dan gua akan mencoba berbagi cerita tentang apa-apa aja yang pernah gua alami di dalam bulan September.

September 2007.

Beberapa bulan setelah gua lulus sekolah menengah atas. Untuk pertama kalinya gua mencoba peruntungan menjadi seorang pekerja. Saat itu gua memilih untuk tidak langsung kuliah, dikarenakan gua bosan dengan dunia belajar yang udah gua lewatin selama 12 tahun, gua berhendak istirahat dari segala kepusingan itu. Maka gua memutuskan untuk langsung mencari pekerjaan. Dan pekerjaan pertama yang gua dapatkan adalah menjadi seorang pramuniaga di salah satu swalayan. Pekerjaan berat menjaga stand buah-buahan merangkap petugas kebersihan. Ya, kenapa gua bilang merangkap sebagai petugas kebersihan itu karena di swalayan tempat gua bekerja tidak ada staff bagian bersih-bersih (sebut saja OB) maka setiap pramuniaga punya kewajiban membersihkan areanya sendiri dengan cara disapu dan dipel. Pertanyaannya, apakah pengunjung sebuah swalayan akan peduli alas kaki mereka mengotori area stand. Gua rasa enggak. Jadi bisa kebayang kan berapa kali dalam sehari gua harus menyapu dan mengepel lantai agar supaya keadaan sekitar stand selalu terlihat bersih. Jawabanya, tidak terhingga. Hhh~ Bahkan pernah sekali gua diminta selama seharian untuk membersihkan gudang dengan puluhan kardus yang harus disusun, di ikat dan dibawa ke belakang untuk ditimbang dan dibawa oleh mobil penadah kardus bekas, Selama seharian full.

Coba kau bayangkan~~ coba kau pikirkan~~

Dan saat itu gua hanya bertahan selama satu bulan, bulan oktober gua resign. dikarenakan gaji yang gua terima tidak sesuai dengan kerasnya pekerjaan yang gua lakukan, saat itu gua cuma menerima gaji 320ribu, bahkan untuk biaya sehari-hari (makan, minum, bensin) selama sebulan aja gak cukup. Maka gua memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain.

Tapi dibalik itu, gua cukup senang, memiliki pengalaman kerja pertama yang unforgettable dan penuh perasan keringat yang menyadarkan gua akan ‘nyari duit susah amat yaaa’.

September 2009.

Pada Maret 2008 – Agustus 2009 gua bekerja di sebuah pabrik industri otomotif (sepeda motor). Dan pada bulan September gua resmi jadi pengangguran lagi. Dan karena gua berfikir bahwa persaingan dunia kerja di masa depan akan semakin ketat dan kemungkinan yang sulit jika hanya bermodal ijazah SMA, maka pada bulan September ini gua pun mendaftar kuliah. Dan gua resmi menyandang gelar sebagai mahasiswa pada 11 september 2009.

Anjay, jadi anak kuliahan kayak orang-orang.

September 2012.

Tanggal 17 September 2012 gua dinyatakan lulus oleh kampus gua dan untuk pertama kalinya juga pada bulan yang sama gua langsung diterima kerja di sebuah bank besar yang bergedung di daerah Sudirman Jakarta Pusat. Untuk pertama kalinya gua bekerja di gedung tinggi yang kalo ngeliat dari atas kebawah kaki rasanya ngilu, lemas dan dengkul mau lepas dari engselnya, duduk di ruangan ber AC, di depan komputer didalam kubikel. Wah pokoknya sama persis seperti yang pernah gua liat di tivi-tivi.

Wuh emejing pokona mah~

FYI, gua emang norak dari lahir.

September 2013

Tanggal 5 September 2013, gua mendapat pekerjaan lain, masih di sebuah bank besar juga didaerah Duku Atas namun ini dengan posisi berbeda dari posisi di bank sebelumnya. Kali ini lebih elegant, gua mesti berdasi, rapi, bersih dan taka da bocor. Ya… Pokoknya setiap ke kantor, gua berasa jadi team leader MLM yang baru dapat hadiah kapal pesiar dan bingung harus diparkir dimana gitu lah.

Pengalaman gua di kantor ini sangat sangat banyak dan berkesan. banyak mendapat teman, sahabat, sahabat yang sudah seperti keluarga. Pokoknya mantap jiwa banget. Meskipun akhirnya pada februari 2015 gua memutuskan untuk resign dari pekerjaan itu dan menganggur sampai sekarang. Hehe tapi gapapa.

September 2011.

Loh kok mundur tahunnya? Yap gua sengaja menulis ini di bagian belakang.

Pada September itu, Untuk pertama kalinya dalam sejarah hidup, gua merayakan ulang tahun dirumah dengan mengundang teman-teman dan makan bersama di rumah. Karena sebenarnya gua memang menolak membuat acara ulang tahun. Entahlah, di keluarga gua memang tidak pernah ada tradisi merayakan ulang tahun dengan membuat acara. Oleh karena itu, Pada hari ulang tahun itu, meskipun gua harus menerima lemparan telor busuk, blenderan semur jengkol dan guyuran oli bekas di kepala gua. Gua sangat senang dan bahagia, dan itu menjadi salah satu hari yang gak bakal bisa gua lupakan. Bahkan sampai saat ini, jika dalam waktu senggang, gua masih sering memutar video-video yang direkam saat itu dan gua masih suka senyum-senyum getir sendiri menontonnya.

Itu adalah beberapa hal besar yang gua alami, dan anehnya memang semua hal itu selalu terjadi di bulan yang sama, bulan September.

Dan faktanya, beberapa tahun silam, di dalam sebuah rumah sederhana, dengan bantuan seorang dukun beranak terkenal di kampung gua, untuk pertama kalinya gua menghirup oksigen dan melihat dunia ini, itu terjadi di bulan September.

Gua lahir di bulan September.

SEPTEMBER, SEPTEMBER DAN SEPTEMBER. KONSPIRASI APA INI!!!??

Hehe~

Mungkin karena itulah, entah kenapa,sadar atau tidak. Seperti gua tulis di paragraf awal bahwa gua menyukai bulan September.

Dan semoga di September 2015 ini, gua akan mendapatkan lagi ‘cerita’ baru untuk menambah koleksi-koleksi cerita September gua. Amin.

This is my September, this is my time of the year~~


btw,

untuk membagi kebahagiaan gua di bulan September ini, seperti tahun lalu, gua pernah mengadakan quiz ultah berhadiah juga di twitter dengan hastag #HbdAsikz (silahkan di cek jika mau).

Dan rencananya untuk merayakan hari ulang tahun gua pada bulan ini di tahun ini, gua kembali berniat mengadakan sebuah quiz berhadiah.

jika tahun lalu syaratnya hanya harus mention gua ditwitter dengan menceritakan pengalaman paling lucu, unik, sedih dan berkesan dalam merayakan ulang tahun dengan hastag #HbdAsikz.

Maka pada tahun ini syarat dan ketentuannya adalah:

  1. Seperti tulisan di postingan ini, gua mau kalian Ceritakan dalam bentuk tulisan kepada gua, dalam setahun, bulan apakah yang paling kalian sukai dan sebutkan alasan kenapa kalian menyukai bulan tersebut? dan cerita ditulis semenarik, sebagus dan sekreatif mungkin.
  2. Tulisan tersebut minimal 140 karakter maksimal bebas mau berapapun karakter. Boleh dalam bentuk post tweet di twitter kalian atau dalam bentuk tulisan di blog, notes facebook, email, surat, apapun asal jangan berbentuk bom molotov.
  3. Jika di twitter, kalian tidak perlu mention gua ke @shamposachet, tapi cukup pake pake hastag #HbdNtap nanti akan gua chek. Tidak perlu follow twitter gua juga kalo memang tidak mau follow gapapa kok.
  4. Jika kalian menulis di Blog, tumblr, notes facebook, atau apapun berbasis website. silahkan mention gua ke @shamposachet link tulisan kalian dan tetap sertakan hastag #HbdNtap tersebut agar memudahkan gua untuk pencarian tulisan kalian.
  5. Jika ingin mengirim cerita dalam bentuk email silahkan kirim ke shamposachet@gmail.com jangan lupa cantumkan akun twitter kalian.
  6. Batas akhir pengiriman tulisan adalah tanggal 26 september 2015 pukul 24:00. Pas hari tepat dimana gua ulang tahun.

 

Kalo ngomongin quiz seharusnya ada hadiahnya kan? Apa sih hadiahnya?

Mungkin masih sama seperti tahun kemarin, karena gua adalah seorang pengangguran yang lebih sering bokek dan Cuma bisa bikin gambar gak mirip. Maka hadiahnya bukan berupa uang tunai atau pulsa, jadi hadiahnya berupa sebuah gambar digital untuk 3 orang pemenang.

Untuk jenis gambar digitalnya kalian bisa liat di sini atau di sini dan kalo mau liat contoh lain bisa liat di instagram gua di sini.

Dan untuk pemenangnya bebas request mau digambarin kayak gimana aja (selama gua masih bisa buat).

Terus, Pengumuman pemenangnya kapan?

Paling lambat (jika tidak ada halangan) gua akan mengumumkan di twitter pada tanggal 28 september 2015. Untuk waktunya bisa di chek aja lagi nanti di TL gua (@shamposachet). Dan cerita pemenangnya jika di izinkan maka akan gua publish di blog ini.

Note:

  1. Syarat dan ketentuan berlaku, keputusan pemenang mutlak berada di gua tanpa campur tangan siapapun kecuali Tuhan.
  2. Quiz ini semata-mata gua adain Cuma sekedar untuk bersenang-senang, dan jika ada pihak yang tidak suka. Ya bodo amat. Emang gua pikirin. Weeek~
  3. Jika kurang jelas infonya dan mau tanya-tanya tentang quiz ini, bisa mention gua di @shamposachet ya.
  4. And the last but not least, Semoga gak ada yang ikut. Hehe~

HAPPY SEPTEMBER~~~~~~~~

12 comments on “THIS IS MY SEPTEMBER, THIS IS MY TIME OF THE YEAR.”

  1. Wih, banyak cerita di bulan September. Huwahaha. Mantaplah!
    Gue malah belum pernah disiram oli, jengkol, atau apalah itu. Baru telor aja.

    Itu 2007 udah lulus SMA? Gue masih SMP. 🙁
    Gaji pertamanya kecil juga, ya. Tapi buat anak SMP di tahun itu mah udah bisa puas maen warnet berjam-jam. Halah.

    Hadiahnya berupa vector gitu, Kay? Mantep kalo menang. Gapapa, bukan uang atau pulsa, yang penting bisa digambarin sama tukang gambar yang tidak mirip. 😀

  2. Jadi banyak cerita mengesankan gitu ya di Bulan September. Iyasih, kayaknya gue pernah inget dulu lo kerja di bank. Ternyata udah resign sejak awal tahun ya.

    Bentar lagi September udah mau abis nih~ jadi istirahatnya mesti udahan nih Ky~ semacam wake me up when september end gitu deh~

    Btw, sebenernya hadiahnya keren banget~ gambar bikinan lo kan gaul2 banget.. sayang gue minder, lo udah jadi selebtweet.. pasti yang ikutan rame banget~

  3. Whoaaaaa. Keren. Bisa pas gitu ya di tiap bulan September… Jangan-jangan nanti nikahnya juga bulan September. Ehehehe. He.

    Ada bau-bau kuiiiss. Asyik juga hadiahnyaa. Hahaha. Mau semedi dulu, ah. Nyari pencerahan. Ikut atau nggak…. wkwk.

    Selamat ulang tahuuun, Bang Kaay. Sengaja biar ngucapin duluan. :p

  4. ntap juga nii ceritanya
    tapi aku cuma mau komen aja
    tentang september aku juga punya cerita september 2013 siang hari ditoko roti kue bakery dikotaku kemudian aku bawa sendiri pake motor bebek butut plat D sampe ditujuan kuenya bobrok alias rusak gabisa dimakan.
    2007 ? -_- aku SMP kelas 1

  5. wiihhh… gue juga gitu bang. tapi bedanya kalo gue bulan maret. bahkan gue punya temen yang lahirnya 29februari… bisa lo bayangin kan berapa lama harus ultah?? dan sekarang umurnya berapa??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *